eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN JURU PARKIR LIAR DI PASAR SEGIRI & SAMARINDA SQUARE KECAMATAN SAMARINDA ULU (Alberta Veronica Soge)

Submitted by: ,
On: Jan 29, 2019 @ 1:31 AM
IP: 125.160.79.200

  • Judul artikel eJournal: PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KEBERADAAN JURU PARKIR LIAR DI PASAR SEGIRI & SAMARINDA SQUARE KECAMATAN SAMARINDA ULU
  • Pengarang (nama mhs): Alberta Veronica Soge
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Persepsi Masyarakat Tentang Keberadaan Juru Parkir Liar di Pasar Segiri dan Samarinda Square Kecamatan Samarinda Ulu. Di kota Samarinda sendiri banyak diterdapat juru parkir liar yang sudah meresahkan dan menjadi sorotan masyarakat, di tahun 2016 banyak juga masyakat yang mengunggah sindiran di media sosial terkait maraknya praktik parkir liar disejumlah kawasan, maraknya juru parkir liar disejumlah kawasan Kota Samarinda selama ini sudah lama dikeluhkan masyarakat, tidak hanya di pusat-pusat perbelanjaan, termasuk pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang keberadaan juru parkir liar di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda. Di dalam kajian ini digunakan teori interaksionosme sombolik dari Herbert Blumer. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, Penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu menjelaskan fenomena secara mendalam melalui pengumpulan data dengan teknik wawancara kepada masyarakat yang menggunakan jasa parkir liar dan parkir resmi. Hasil penenlitian ini menunjukan bahwa, 1. Tanggapan masyarakat terhadap juru parkir liar samapai saat ini masih tidak baik, meskipun ada beberapa yang member tanggapan baik tentang juru parkir liar. 2. Pengetahuan masyarakat tentang juru parkir liar adalah seseorang yang bekerja sebagai tukang parkir dan tidak adanya izin dari pemerintah. 3. Penilaian masyarakat terhadap juru parkir sampai saat ini juga masih ada yang posisitif dan negatif. Persepsi positif akan muncul ketika adanya kepuasan terhadap objek, pengalaman dan pengetahuan, sebaliknya akan negatif apabila tidak adanya kepuasan terhadap objek, tidak adanya pengalaman dan tidak adanya pengetahuan tentang objek. Penenlitian ini menyarankan kepada pemerintah Kota Samarinda agar lebih memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya dan memperluas lapangan pekerjaan untuk masyarakat yang menganggur. Dan untuk Dinas Perhubungan agar lebih memperhatikan ketertiban perparkiran Kota Samarinda.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi, masyarakat, juru parkir liar
  • NIM: 1302035010
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Badruddin Nasir, M. Si, Novita Surya Ningsih, MA
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Ganjil (01-29-19-01-31-21).doc (100 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Ganjil (01-29-19-01-31-21).pdf (804 kB)