eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda (Sayid Achmad Akbar)

Submitted by: ,
On: Jan 5, 2023 @ 6:58 AM
IP: 182.3.140.79

  • Judul artikel eJournal: strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Sayid Achmad Akbar
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Berdasarkan permasalahan yang terjadi, dimana jumlah pengemudi ojek online terus bertambah serta persaingan antara pihak aplikator dalam memberikan obral harga sehingga terjadinya persaingan dalam merebutkan pesanan konsumen di Kota Samarinda, maka pengemudi ojek online terutama yang berada di Kelurahan Sempaja Selatan perlu melakukan adaptasi agar tetap dapat bertahan hidup ditengah persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda. Tujuan penelitina ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi kompetisi pengemudi ojek online Kelurahan Sempaja Selatan dalam menghadapi persaingan sesama pengemudi ojek online di Kota Samarinda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan fokus pada (1). Prilaku adaptasi, (2). Strategi Adaptasi, (3). Proses Adaptasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis adaptasi yang digunakan oleh pengemudi ojek online di Kelurahan Sempaja Selatan Kota Samarinda (1). Prilaku Adaptasi yaitu berupa mempertahankan penilaian bintang atau rating akun ojek online dan menjadi mitra ojek online lebih dari satu, (2). Strategi Adaptasi yaitu memanfaatkan keadaan Kota sebagai tempat mangkal, memanfaatkan waktu di pagi hari, memanfaatkan hari senin sampai minggu, dan melakukan penambahan jam kerja, (3) Proses Adaptasi yaitu membangun hubungan baik sesama pengemudi online dengan bergabung ke dalam komunitas atau basecamp ojek online.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi Kompetisi, Ojek Online, Persaingan, Adaptasi
  • NIM: 1502035028
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Badruddin Nasir dan Lisbet Situmorang
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Journal Sayid Achmad (01-05-23-06-58-39).doc (147 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Journal Sayid Achmad (01-05-23-06-58-39).pdf (313 kB)