Persepsi Mayarakat Terhadap Kinerja Kepala Desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kutai Kartanegara (Yopita)
Submitted by: ,
On: Aug 12, 2019 @ 5:20 AM
IP: 36.83.32.168
- Judul artikel eJournal: Persepsi Mayarakat Terhadap Kinerja Kepala Desa di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kutai Kartanegara
- Pengarang (nama mhs): Yopita
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Persepsi Masyarakat Terhadap Kinerja Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini yaitu pada jenis penelitian menggunakan penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif sebagai bentuk analisisnya.Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja kepala desa sidomulyo kecamatan tabang kutai kartanegara. Pertama yaitu, pertanyaan kepada key informan dan informan terkait mengenai mendeskripsikan dan menganalisis mengenai masalah yang ada didesa tersebut. Sesuai kondisi yang dialami dilapangan yaitu kinerja kepala desa dalam memberikan pelayanan, dan kesejahteraan bagi masyarakat Sidomulyo Kecamatan Tabang sesuai fungsi dan tugas yang sudah ditetapkan. Pemerintahan yang baik diperlukan kerja sama antara pemimpin dengan pegawainya. Untuk itu pegawai dituntut agar bertanggung jawab dalam berbagai usaha dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Pada dasarnya kemampuan yang dimiliki oleh pegawai kantor Desa Sidomulyo sudah cukup baik dan memadai dalam melaksanakan program-program kerja. Namun masih terdapat beberapa hal yang masih menjadi catatan tersendiri untuk pemerintahan Desa Sidomulyo. Hal ini dikarenakan masih adanya beberapa kendala mendasar yang terjadi dalam pelaksanaan program-program kerja.Kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Dalam persepsi masyarakat terhadap kinerja kepala desa dalam meningkatkan pelayanan desa berdasarkan kualitas, kuantitas, paelaksanaan tugas dan tanggungjawab. Pemerintahan yang baik diperlukan kerjasama antara pemimpin dengan pegawainya untuk itu pegawainya dituntut agar bertanggungjawab dalam berbagai usaha dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan yang baik.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Persepsi Masyarakat, Kinerja Kepala Desa.
- NIM: 1202035144
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
- Program Studi: Ilmu Sosiatri
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. H. Sutadji, M.Drs., MM, Sarifudin, S.Sos, MA
- Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
- Volume: 7
- Nomor: 3
- Tahun: 2019
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (08-12-19-05-20-11).doc (119 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (08-12-19-05-20-11).pdf (774 kB)