STRATEGI PEDAGANG PASAR MALAM DALAM PEROLEHAN MODAL USAHA (Studi Kasus Pasar Malam Jalan Pangeran Hidayatullah Gang Bakti Darma Kelurahan Pelabuhan) (Aditya Pratama Putra)
Submitted by: ,
On: May 29, 2017 @ 3:41 AM
IP: 103.31.207.25
- Judul artikel eJournal: STRATEGI PEDAGANG PASAR MALAM DALAM PEROLEHAN MODAL USAHA (Studi Kasus Pasar Malam Jalan Pangeran Hidayatullah Gang Bakti Darma Kelurahan Pelabuhan)
- Pengarang (nama mhs): Aditya Pratama Putra
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Ketatnya persaingan kerja pada sektor formal membuat masyarakat mencoba beralih bekerja pada sektor informal. Pasar malam hadir di tengah masyarakat sebagai sebuah sektor informal. Pasar malam merupakan sebuah jenis pasar yang unik karena sifatnya yang berskala kecil, temporer dan incidental. Fenomena pasar malam yang ada di tengah masyarakat saat ini membuat penulis melakukan penelitian dengan Judul “Strategi Pedagang Pasar Malam Dalam Perolehan Modal Usaha” pada lokasi penelitian di pasar malam Jalan Pangeran Hidayatulah Gang Bakti Dharma Kelurahan Pelabuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran secara deskriptif tentang fenomena pasar malam, mulai dari karakteristik pedagang, bentuk modal yang digunakan, dan intrik-intrik yang terjadi di dalam praktik pasar malam. Penulis menggunakan teori praktik Pierre Bourdieu dengan rumusan: (habitus x modal) + ranah = praktik, dengan jenis penelitian kualitatif dan metode etnografi. Penulis berlaku sebagai human instrument melakukan wawancara serta mengamati tindakan informan dalam berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerja, untuk memperoleh data di lokasi penelitian. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa praktik pasar malam merupakan sebuah ranah yang terbuka bagi siapa saja untuk mencari nafkah. Terdapat beragam habitus dan modal yang dimiliki oleh pedagang pasar malam. Untuk mempertahankan posisinya, pedagang pasar malam menggunakan strategi pengumpulan, penggunaan, dan pertukaran modal agar modal terus berputar dan bereproduksi.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Strategi, Modal, Habitus, Ranah, Pedagang, Pasar malam.
- NIM: 1102035070
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2011
- Program Studi: Ilmu Sosiatri
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, MS., Dr. Sri Murlianti, MA
- Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
- Volume: 5
- Nomor: 2
- Tahun: 2017
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (05-29-17-03-41-00).doc (123 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil-1 – Copy (05-29-17-03-41-00).pdf (96 kB)