eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

Teknik Komunikasi Guru dan Murid dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa(SLB) Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau (Tety Darmawati)

Submitted by: DARMAWATI, TETY
On: Jan 31, 2022 @ 2:06 PM
IP: 180.241.30.106

  • Judul artikel eJournal: Teknik Komunikasi Guru dan Murid dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa(SLB) Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau
  • Pengarang (nama mhs): Tety Darmawati
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Teknik komunikasi merupakan proses komunikasi yang dapat mempengaruhi seseorang tanpa ada unsur paksaan atau kekerasan (coersive) seorang komunikator harus mempunyai keterampilan persuasive berupa kecrdasan untuk memahami kondisi prikologis dan sosiologis dari komunikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan Pembelajaran di Sekolah luar biasa (SLB), Mengetahui Teknik Komunikasi Interpersonal pembelajaran Guru pada siswa penyandang disabilitas Sekolah kuar Biasa (SLB) dan untuk mengetahui tercapainya tujuan pembelajaran di Sekolah luar biasa (SLB) Negeri Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Konsep dan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep komunikasi interpersonal dan teori Taksonomi Bloom, Bloom membagi domain kognisi ke dalam 6 tingkatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada Teknik Komunikasi Guru dan Murid, Tolak ukur dalam Tujuan Pembelajaran di SLB, Interaksi Guru dan Murid dalam Pembelajaran.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi serta didukung dengan data sekunder yang ada. Hasil penelitian ini menunjukkan satu-satunya indikator yang menjadi tolok ukur pencapaian keberhasilan guru yaitu dengan mengikuti kriteria ketuntasan minimum (KKM) setiap mata pelajaran, teknik komunikasi guru dan murid menggunakan bahasa isyarat sehari-hari (gerakan tangan/mulut) pada saat guru berbicara dan juga bahasa isyarat berdasarkan kamus SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia), interaksi guru kepada murid yang diterima dan dapat memahami materi pembelajaran setelah mengikuti kurang lebih 3 kali pertemuan setiap mata pelajarannya.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Kata Kunci : Komunikasi, Guru, Murid, Interaksi
  • NIM: 1602035060
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2016
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS dan Martinus Nanang, MA
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 1
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): e-Journal Tety Darmawati (01-31-22-02-06-15).doc (99 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): e-Journal Tety Darmawati (01-31-22-02-06-15).pdf (306 kB)