eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

STUDI IDENTIFIKASI PERMAINAN KOSTUM (COSPLAY) PADA KOMUNITAS REVOLUTION FANTASY COSPLAY TEAM (RFCT) DI KOTA SAMARINDA (Wahyuni)

Submitted by: ,
On: Jan 8, 2019 @ 2:45 AM
IP: 36.82.199.238

  • Judul artikel eJournal: STUDI IDENTIFIKASI PERMAINAN KOSTUM (COSPLAY) PADA KOMUNITAS REVOLUTION FANTASY COSPLAY TEAM (RFCT) DI KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Wahyuni
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Permainan Kostum (Cosplay) merupakan peniruan budaya Jepang yang berlebihan sehingga dapat menghilangkan jati diri seseorang dan dapat mengancam kelestarian budaya lokal, salah satu komunitas permainan kostum yang ada di Samarinda adalah Refolution Fantasy Cosplay Team (RFCT) yang terkenal memiliki banyak prestasi dan terpilih menjadi perwakilan regional kalimantan timur. Berdasarkan latar belakang tersebut, Rumusan masalah bagaimana bentuk identifikasi permainan kostum (cosplay) terbentuk pada komunitas Refolution Fantasy Cosplay Team (RFCT) di Kota Samarinda. Teori yang digunakan merupakan teori ineraksionalisme simbolik George Herberd Mead tentang empat tahap mengidentifikasi tindakan. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif Kualitatif yaitu penelitian yang berusaha mengambarkan dan menginterprestasikan Objek apa adanya dan penelitian kualitatif adalah penelitian yang datanya di nyatakan dalam bentuk verbal dan di analisis tanpa menggunakan teknik statis. Data-data yang disajikan menggunakan data primer dan data skunder melalui wawancara langsung dan pengambilan data melalui internet yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data model interaktif milik Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbentuknya identifikasi permainan kostum (cosplay) pada komunitas Revolution Fantasy cosplay Team (RFCT) di Kota Samarinda awalnya melalui tahap Impuls yaitu anggota cosplayer bergabung dengan alasan hobi, anggota yang lain bergabung dengan alasan lain bergabung dengan alasan menambah pertemanan, mendapatkan penghasilan dan hanya ikut-ikutan, karena hobi, dapat teman dan dapat uang kemudian membuat memakai kostum, kemudian masuk ke tahap persepsi yaitu anggota komunitas cosplayer RFCT di samarinda yang bergabung mendapatkan keuntungan antara lain kepuasan karena hobinya tersalurkan,menambah kreatifitas, meningkatkan kepercayaan diri, membuat anggota pandai dalam jahit-menjahit kostum, dan pandai berekting, kemudian masuk ke tahap manipulasi yaitu setelah bergabung dalam komunitas RFCT, anggota terlibat aktif dalam membuat kostum, membeli kostum, mempelajari karakter anime dan mengahfal dialog kemudian tahap terakhir yaitu komsumsi merupakan tahap pelaksanaan anggota komunitas dalam mengikuti kegiatan permainan kostum (cosplay) tidak menghilangkan jati diri anggota dalam kehidupan sehari-hari kegiatan tersebut hanya pada saat ada event dan anngota cosplayer bergabung atas sepengetahuan orang tua. Kesimpulan bahwa identifikasi permainan kostum (cosplay) pada komunitas Refolution Fantasy Cosplay Team di dikota Samarinda bahwa peniruan perilaku permainan kostum (cosplay) hanya pada saat kegiatan event berlangsung dan tidak terpengaruh oleh kehidupan sehari-hari.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Identifikasi, Permainan Kostum (Cosplay), Komunitas, Revolution, Fantasy cosplay
  • NIM: 1202035095
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Sugangi, M.Si, Novita Surya Ningsih, M.A
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 7
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (01-08-19-02-45-39).doc (117 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (01-08-19-02-45-39).pdf (831 kB)