eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

Studi Tentang Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur Kecamatan Samarinda Utara (Hardianto)

Submitted by: ,
On: Oct 29, 2019 @ 8:07 PM
IP: 114.125.185.24

  • Judul artikel eJournal: Studi Tentang Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur Kecamatan Samarinda Utara
  • Pengarang (nama mhs): Hardianto
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang pelayanan keasehatanj di puskesmas dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pihak puskesmas dalam memberikan pelayanan di Puskesmas Bengkuring. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dimana instrumen utama dalam penelitaian adalah peneliti sendiri. Sumber data yang di gunakan adalah sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan situasi dan kondisi empiris Pelayanan Kesehatan. Dalam penelitian ini, penulis juga menggunakan penelitian survey, wawancara dan dokumentasi guna memperoleh data primer mengenai Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Bengkuring Kelurahan sempaja Timur Kecamatan Samarinda Utara. Dengan berdasarkan data yang ada, penulis berupaya mendiskripsikan/menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, serta hubungan antar fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan Kesehatan di Puskesmas sudah cukup optimal hal tersebut dapat dilihat dari adanya denah alur pelayanan yang telah disiapkan pihak puskesmas dan juga petugas dalam memberikan pelayanan sedikit demi sedikit jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, namun masih saja ada beberapa kendala yang menghambat petugas dalam memberikan pelayanan dengan baik diantaranya adalah ketersediaan peralatan medis yang belum memeadai, ketersediaan obat-obatan yang masih kurang, dan juga tempat tinggal petugas yang jauh dari lingkungan puskesmas sehingga menghambat petugas memberikan pelayanan secara maksimal. Kesimpulan pelayanan kesehatan di puskesmas dalam hal prosedaur sudah sangt mudah dan jelas, pada hal keterbukaan informasi belu sepenuhnya terbuka karena terkadang pasien atau masyarakat masih harus membayar atas jasa yang di berikan oleh pihak puskesmas, dan pada tingkat professional petugas yang menjadi kendala antara lain : keterbatasan alat-alat medis, ketersediaan obat-obatan yang masih minim, dan tempata tinggal petugas yang jauh dari wilayah puskesmas.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pelayanan, Kesehatan, Masyarakat, Puskemas, Bengkuring
  • NIM: 1202035061
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2012
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. Martinus Nanang. MA, Sarifudin. S. Sos. M. Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 7
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2019
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (10-29-19-08-07-26).doc (111 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): 01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_Genap (10-29-19-08-07-26).pdf (802 kB)