eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JKN-KIS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA (Ridha Rosim)

Submitted by: ,
On: Sep 29, 2020 @ 6:55 AM
IP: 180.248.70.116

  • Judul artikel eJournal: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JKN-KIS DI RSUD ABDUL WAHAB SJAHRANIE KOTA SAMARINDA
  • Pengarang (nama mhs): Ridha Rosim
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendalam tentang kualitas pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS di RSUD Abdul Wahab Sjahranie dengan menganalisa pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit berdasarkan ukuran kualitas meliputi dimensi Tangible, Reliability, Assurance, Responsiviness, dan Emphaty, apakah sudah dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan program JKN-KIS atau belum berdasarkan fakta-fakta yang ada dilapangan dan mengetahui manfaat yang dirasakan oleh pasien dengan adanya program JKN-KIS apakah tujuan program JKN-KIS telah tercapai atau belum berdasarkan kenyataan atau hasil yang dicapai dilapangan serta bagaimana partisipasi pasien di RSUD Abdul Wahab Sjahranie dalam menunjang program pemerintah khususnya dalam upaya pembangunan kesehatan. Subjek dalam penelitian ini adalah Pasien Peserta JKN-KIS di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Kota Samarinda baik pasien rawat jalan (Poliklinik THT dan Penyakit Dalam) maupun rawat inap (Ruang Anggrek, Cempaka dan Flamboyan) yang dikelompokkan berdasarkan kelas perawatan I, II, dan III sedangkan obyek dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan Kesehatan RSUD Abdul Wahab Sjahranie. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana data diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam. Wawancara di lakukan kepada 36 pasien JKN-KIS baik peserta PBI maupun Non PBI berdasarkan kelas perawatan yang diambil di RSUD Abdul Wahab Sjahranie. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode evaluasi menurut Sugiono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan peserta JKN-KIS di RSUD Abdul Wahab Sahranie dapat dikatakan telah memenuhi standar pelayanan rumah sakit dan berhasil dalam mencapai tujuan program JKN-KIS dimana proses pelayanan dilaksanakan sesuai prosedur, petugas pelayanan memiliki kompetensi yang diperlukan, tidak bertentangan dengan kode etik dan pelaksanaan pelayanan dapat memuaskan pasien. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya persepsi dan partisipasi peserta JKN-KIS selaku pasien yang menyatakan bahwa kualitas pelayanan kesehatan RSUD Abdul Wahab Sjahranie berdasarkan dimensi Tangible, Assurance, Responsiviness dan Emphaty memiliki kualitas yang baik dengan tersedianya fasilitas fisik penunjang kesehatan yang lengkap dan modern, jaminan biaya, keamanan dan waktu selama perawatan serta ketanggapan dan perhatian petugas medis dalam memberikan pelayanan kepada pasien namun dari segi dimensi reliability kurang memenuhi dengan masih minimnya jumlah ruang perawatan, lahan parkir dan tenaga medis dokter spesialis, sehingga perlu ditingkatkan agar penanganan pasien lebih efektif dan efisien serta merata. Pasien peserta JKN-KIS juga merasa terbantu dan memperoleh manfaat dengan adanya Program JKN-KIS yang dapat memberi kemudahan akses, biaya, dan jaminan kualitas pelayanan kesehatan.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Dimensi Kualitas Pelayanan, Manfaat Jaminan Kesehatan
  • NIM: 1302035023
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2013
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj.Nur Fitriyah. MS dan Dra.Lisbet Situmorang, M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 8
  • Nomor: 1
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Jurnal (09-29-20-06-55-18).doc (127 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal (09-29-20-06-55-18).pdf (288 kB)