eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PEMBANGUNAN SOSIAL ANGKATAN TAHUN 2019 UNIVERSITAS MULAWARMAN (widya wulandari)

Submitted by: wulandari, widya
On: Nov 20, 2022 @ 8:04 AM
IP: 114.4.221.131

  • Judul artikel eJournal: PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PEMBANGUNAN SOSIAL ANGKATAN TAHUN 2019 UNIVERSITAS MULAWARMAN
  • Pengarang (nama mhs): widya wulandari
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Abstrak Dewasa ini, Kita dihadapkan dengan wabah yang bernama corona viruses diseases atau yang kita kenal dengan virus covid-19. Virus Covid-19 ini bermula di negara China tepatnya di kota Wuhan dan menyebar ke berbagai negara termasuk ke negara Indonesia. Dengan situasi seperti ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang diatur dalam Keputusan Presiden (KepPres) Republik Indonesia No. 12 tahun 2020 tentang penetapan bencana nonalam penyebaran corona virus disease 2019 sebagai bencana nasional. Keputusan Presiden ini memunculkan peraturan yang mengharuskan untuk menjaga jarak antar individu (physical distancing) sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus covid-19 ini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat No. 36962/MPK.A/HK/2020, tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pada perguruan tinggi. Tentunya dengan perubahan metode pembelajaran ini, proses perkuliahan mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan metode pembelajaran ini mengharuskan mahasiswa memasuki literasi informasi dengan budaya yang baru. Berdasarkan hasil analisis secara simultan yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara bersama-sama variabel pembelajaran daring memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pembangunan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan tahun 2019 Universitas Mulawarman dengan hasil Fhitung > 0,05 (44,803 > 4,03). Berdasarkan hasil analisis secara parsial yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pembelajaran daring berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pembangunan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik angkatan tahun 2019 Universitas Mulawarman yang dibuktikan dengan hasil ttabel sebesar 2,018 dan thitung sebesar 6,694. (thitung > ttabel = 6,694 > 2,018). Kata Kunci Pembelajaran daring, prestasi akademik
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pembelajaran daring, prestasi akademik
  • NIM: 1502035019
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2015
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Prof.Dr.Hj. Nur Fitriyah, Ms
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 8
  • Nomor: 4
  • Tahun: 2020
  • File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): jurnal widya (11-20-22-08-04-50).doc (134 kB)
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): jurnal widya pdf (11-20-22-08-04-50).pdf (355 kB)