eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KONVENSIONAL DI TENGAH BERKEMBANGNYA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian yang direlokasi dari Pasar Pagi Samarinda ke Segiri Grosir Samarinda) (Nova Dwi Safitri)

Submitted by: ,
On: Jul 24, 2025 @ 8:24 AM
IP: 36.85.4.59

  • Judul artikel eJournal: STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KONVENSIONAL DI TENGAH BERKEMBANGNYA ONLINE SHOP (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian yang direlokasi dari Pasar Pagi Samarinda ke Segiri Grosir Samarinda)
  • Pengarang (nama mhs): Nova Dwi Safitri
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini membahas tentang Strategi Bertahan Pedagang Konvensional di Tengah Berkembangnya Online Shop. Terdapat fenomena yang menarik dimana semakin maraknya penggunaan online shop yang menyebabkan perubahan perilaku konsumen dan berdampat langsung terhadap eksistensi pedagang konvensional. Fenomena ini menjadi kompleks ketika para pedagang Pasar Pagi Samarinda harus direlokasi ke Segiri Grosir Samarinda akibat revitalisasi pasar. Rumusan dalam masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi bertahan pedagang konvensional dalam menghadapi perkembangan online shop serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi tersebut. Tujuan penelitian ini adakah untuk mendeskripsikan strategi-strategi yang diterapkan oleh pedagang konvensional dalam mempertahankan eksistensi usahanya dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang menerapkan tiga bentuk strategi bertahan yaitu : strategi aktif yaitu melibatkan keluarga dalam operasional dan pemberian diskon, strategi pasif yaitu mengikuti tren dan menjaga kualitas produk, dan strategi jaringan kerjasama dengan sesama pedagang serta meminjam uang dengan kerabat atau pihak luar. Adapun faktor pendukung strategi bertahan meliputi pelayan langsung terhadap pelanggan dan keberagaman produk, sementara faktor penghambatnya adalah perkembangan online shop dan perilaku konsumen.Penelitian ini memberikan gambaran tentang dinamika pedagang konvensional dalam menghadapi tantangan transormasi digital di sektor perdagangan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bertahan pedagang konvensional sangat bergantung pada kemampuan adaptasi sosial dan ekonomi dalam menghadapi tantangan digitalisasi pasar.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pedagang Konvensional, Strategi Bertahan, Online Shop
  • NIM: 2002036051
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2020
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: Drs. H. Badruddin Nasir., M.Si
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 13
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): JURNAL_PS_Nova Dwi Safitri. (07-24-25-08-24-47).pdf (392 kB)