eJournal Pembangunan Sosial

Fisip Universitas Mulawarman

Peran Pendidik Dalam Pemberdayaan Anak Usia Dini Melalui Pengelolaan Sosial Emosional di TK Al-Azhar Syifa Budi Kota Samarinda (Nabila Shifa Suriansyah)

Submitted by: Shifa Suriansyah, Nabila
On: Aug 21, 2025 @ 2:13 AM
IP: 182.3.140.109

  • Judul artikel eJournal: Peran Pendidik Dalam Pemberdayaan Anak Usia Dini Melalui Pengelolaan Sosial Emosional di TK Al-Azhar Syifa Budi Kota Samarinda
  • Pengarang (nama mhs): Nabila Shifa Suriansyah
  • Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pendidik dalam pemberdayaan anak usia dini melalui pengelolaan sosial emosional di TK Al-Azhar Syifa Budi Kota Samarinda. Fokus penelitian ini mencakup bagaimana pendidik menjalankan peran sebagai instruktur, pembimbing, dan fasilitator, serta bagaimana strategi pemberdayaan dilakukan melalui dua pendekatan, yaitu stimulasi sosial emosional dan penciptaan lingkungan yang suportif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik di TK Al-Azhar Syifa Budi menjalankan peran yang signifikan dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Sebagai instruktur, guru menyampaikan materi dengan pendekatan kreatif dan sesuai perkembangan anak. Sebagai pembimbing, guru mendampingi anak secara emosional, membantu mereka mengenali dan mengelola perasaan. Sementara sebagai fasilitator, guru menciptakan lingkungan kelas yang aman dan ramah untuk mendukung proses belajar sosial emosional. Pemberdayaan anak tampak dari meningkatnya kemampuan anak dalam mengenali emosi, mengekspresikan perasaan, dan menjalin interaksi sosial secara sehat. Kesimpulannya, peran pendidik yang dijalankan secara utuh dan empatik berkontribusi besar terhadap keberhasilan pemberdayaan anak usia dini melalui pengelolaan sosial emosional.
  • Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Peran Pendidik, Anak Usia Dini, Pemberdayaan Anak, Sosial Emosional
  • NIM: 2102036032
  • Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2021
  • Program Studi: Ilmu Sosiatri
  • Sumber tulisan: Skripsi
  • Pembimbing: A. Ismail Lukman, S.Pd., MA
  • Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
  • Volume: 13
  • Nomor: 3
  • Tahun: 2025
  • File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal Nabila Shifa Suriansyah (08-21-25-02-13-49).pdf (385 kB)