Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda (Tulus Hidayat)
Submitted by: Hidayat, Tulus
On: Aug 22, 2025 @ 12:57 AM
IP: 182.3.139.64
- Judul artikel eJournal: Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda
- Pengarang (nama mhs): Tulus Hidayat
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Kehadiran minimarket di sekitar kawasan permukiman menimbulkan persaingan usaha dengan toko kelontong dan berdampak pada jumlah pendapatan serta perubahan karakteristik konsumen yang dialami pedagang kelontong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ekonomi dan sosial yang dialami pedagang kelontong dan strategi-strategi bertahan pedagang kelontong dalam menghadapi persaingan dengan minimarket. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pendapatan pedagang kelontong mengalami penurunan setelah berdirinya minimarket dan terjadi perubahan karakterisktik konsumen serta interaksi sosial yang terjadi yaitu konsumen dari kalangan muda melakukan interaksi hanya sebatas membeli barang, hal itu terjadi karena karakteristik dari kalangan muda yang menginginkan sesuatu yang cepat dan praktis, namun konsumen dari kalangan berusia tua masih memiliki kedekatan personal seperti ada obrolan dan candaan dengan pedagang kelontong. Namun, dampak yang dialami pedagang kelontong ini tidak sepenuhnya disebabkan karena persaingan dengan minimarket, tetapi juga karena kondisi toko kelontong yang kurang menarik konsumen seperti barang berdebu, ruangan sempit, lingkungan kurang bersih, dan pencahayaan redup. Selanjutnya, strategi-strategi bertahan yang dilakukan pedagang kelontong dalam menghadapi persaingan yaitu dengan menawarkan harga lebih murah, sistem pembayaran nontunai, diversifikasi barang dagangan, pelayanan ramah, penjualan dalam satuan kecil, pemberian hutang kepada pelanggan tetap, pengelolaan stok yang efisien, dan jam operasional panjang hingga 24 jam. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi pemerintah untuk membuat aturan yang secara khusus mengatur antara toko kelontong dan minimarket serta kepada pedagang kelontong agar mengelola toko kelontong dengan lebih baik dan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pedagang Kelontong, Minimarket, Persaingan, Dampak Sosial Ekonomi, Strategi Ber
- NIM: 2102036025
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2021
- Program Studi: Ilmu Sosiatri
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dr. Sukapti, M.Hum
- Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
- Volume: 13
- Nomor: 3
- Tahun: 2025
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Jurnal_Tulus Hidayat_2102036025 (08-22-25-12-57-55).pdf (329 kB)