POLA INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BONTANG (Daniel Yudistira)
Submitted by: ,
On: Aug 9, 2016 @ 6:20 AM
IP: 114.125.176.252
- Judul artikel eJournal: POLA INTERAKSI SOSIAL GURU DENGAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BONTANG
- Pengarang (nama mhs): Daniel Yudistira
- Abstrak (max. 1600 huruf atau 250 kata): Tidak setiap anak yang dilahirkan di dunia ini selalu mengalami perkembangan normal. Banyak di antara mereka yang dalam perkembanganya mengalami hambatan, gangguan, kelambatan, atau memiliki faktor-faktor resiko sehingga untuk mencapai perkembangan optimal diperlukan penanganan atau intervensi khusus. Kelompok inilah yang kemudian dikenal sebagai anak berkebutuhan khusus atau anak luar biasa. Dalam prakteknya Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memerlukan pendidikan khusus artinya perlu suatu perlu suatu keseriusan agar penangananya maksimal seyogyanya hal itu sejalan dengan dunia pendidikan yang semakin beragam yaitu pendidikan dengan masalah masalah yang semakin kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pola interaksi sosial yang terjadi antara Guru dengan Siswa yang terjadi di Sekolah Luar Biasa Negeri Bontang yang terletak di keacamatan Bontang Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan focus Pola interaksi sosial, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat apa saja yang mempengaruhib pembelajaran anak autis. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara, Observasi, dan di dukung oleh beberapa kajian Pustaka seperti catatan lapangan untuk memudahkan dalam pengumpulan data, maka penulis melakukan wawancara didukung dengan observasi dengan masuk kedalam kelas autis di SLB Negeri Bontang. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pola interaksi yang dilakukan guru terhadap murid yang autis. Pola interaksi yang terjadi juga tidak lepas dari adanya Faktor pendukung dan Faktor penghambat. Faktor pendukung tersebut seperti alat alat peraga dan kedekatan antara orang tua dan guru, namun faktor penghambatnya adalah belum pernahnya guru melakukan kunjungan ke rumah anak autis bahkan dalam keadaan sakit pun menjadi masalah yang harus diperhatikan belum lagi masih kurangnya alat alat pembelajaran, jumlah guru yang kurang pun memengaruhi terjadinya interaksi sosial antara guru dan murid.
- Kata kunci (max. 80 huruf atau 10 kata): Pola Interaksi Sosial, Guru, Anak Autis
- NIM: 1002035009
- Angkatan (tahun masuk, mis. 2009): 2010
- Program Studi: Ilmu Sosiatri
- Sumber tulisan: Skripsi
- Pembimbing: Dra. Hj. Erni Asneli Asbi, M.Si
- Nama eJournal: eJournal Sosiatri/Sosiologi
- Volume: 4
- Nomor: 3
- Tahun: 2016
- File artikel eJournal (format .doc, max. 2 Mb): Format ejournal yudi sosiatri (08-09-16-06-20-44).doc (105 kB)
- File artikel eJournal (format .PDF, max. 5 Mb): Format ejournal yudi sosiatri (08-09-16-06-20-44).pdf (77 kB)